Jumat, 11 November 2011

COST-VOLUME-PROFIT (CVP) ANALYSIS -akuntansi manajemen-




—» Alat yg sangat berguna dlm perencanaan & pembuatan keputusan – dg menganalisa antar-hubungan antara biaya, kuantitas penjualan dan harga –  unt menentukan besarnya tingkat penjualan yg harus dicapai oleh perusahaan baik pada titik impas (break-even point/BEP) maupun pada target profir (earnings before tax/EBT) tertentu, dg rumus berikut :

Tingkat Penjualan Dlm Rp/$
Tingkat Penjualan Dlm Unit

Ø  Pada Break-Even Point / BEP



    F



    F
    R(BE) =
———

    Q(BE) =
———

 1 – v


 P – C

Ø  Pada Target Profit/EBT tertentu




 F + π



 F + π
     R   =
———

     Q  =
———

 1 – v


 P – C

      Keterangan :

R(BE)
Q(BE)
R
Q
F
P
C
v
1-v
π
: Tingkat penjualan pada BEP dlm satuan Rp/$
: Tingkat penjualan pada BEP dlm satuan unit
: Tingkat penjualan pada target profit tertentu dlm satuan Rp/$
: Tingkat penjualan pada target profit tertentu dlm satuan unit
: Total biaya tetap, baik biaya produksi maupun non-produksi
: Harga jual per unit
: Biaya variabel per unit, baik biaya produksi maupun non-produksi
: Rasio biaya variable = C/P
: Rasio margin kontribusi = (P – C)/P
: Profit/laba sebelum pajak yg ditargetkan


ILUSTRASI :

PT. KEMBAR KENCANA memproduksi suatu produk dg informasi dari proyeksi laporan laba rugi berikut :

Sales (10.000 unit @ Rp 4.000,-)
Variable expenses (@ Rp 3.250,-)
Rp  40.000.000,-
32.500.000,-
Contribution margin
Fixed expenses
7.500.000,-
3.000.000,-
Operating income (net income)
Rp   4.500.000,-
============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar