Jumat, 11 November 2011

SIA task 1 -Sistem informasi akuntansi-


Task 1 (Strategic Task)
A.   Kelemahan (weakness) dari Restauran “Enak Beneer” adalah sebagai pesaing dari restauran lainnya, restauran “enak beneer” tidak mencoba membuat resep yang berbeda (differentiation) dari pesaingnya sebagai daya tarik sendiri. Restauran “Enak Beneer” hanya mengandalkan pelayanan yang baik saja pada pelanggannya (customers).
B.   Informasi yang harus disiapkan dalam kegiatan oprasional suatu kegiatan usaha sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya. Seperti neraca, laporan laba rugi, arus kas, sampai pada informasi mengenai hubungan perusahaan dengan konsumennya.
C.   Retauran Mawar Rose harus menyusun kembali kegiatan oprasional mereka. Supaya terlihat rapi dan terorganisir. Seperti :
·         Harus adanya pembagian tugas yang jelas
·         Tata cara yang baik dalam melayani konsumen
·         Sehingga konsumen tidak harus merasa tidak nyaman dengan pelayanan yang diterima.
Contoh pembagian tugas yang baik sesuai tempatnya:
1.    Koki hanya berada didapur yang bertugas sebagai pegawai yang memasakkan pesanan (order) dari pelanggan.
2.    Pelayan bersiap mencatat pesanan pelanggan dengan sigap.
3.    Petugas kasir hanya berdiri dibelakang mesin kasir.
Contoh kegiatan pelayanan:
1.    Saat pelanggan datang pelayan sudah bersiap dengan kertas untuk mencatat menu pesanan pelanggan.
2.    Setelah pesanan ditulis si pelayan menaruh kertas tersebut di tempat khusus yang akan diambil oleh koki dengan mudah
3.    Saat koki membuatkan makanan pesanan maka si pelayang kembali ketempat pelanggan yang baru datang dan menulis pesanan lagi seperti tadi
4.    Saat koki telah selesai memasak pesanan pertama maka koki memanggil pelayan dengan isyarat atau bunyi-bunyian khusus tanda menu pertama selesai, lalu koki mulai memasak menu selanjutnya
5.    Pelayan menyajikan pesanan pada meja pertama, kedua dan seterusnya
6.    Saat pelanggan hendak membayar sebaiknya pelanggan dipersilahkan untuk menuju meja kasir membereskan administrasinya dengan petugas kasir.
Saran atas tata letak ruang :
1.    Sebaiknya tempat tunggu pelanggan berada di dekat pintu masuk, supaya ruangan restauran tidak terasa penuh dan gaduh.
2.    Sebaiknya meja makan pelanggan yang ada dibuat rapi, misalnya berbentuk posisi persegi supaya pelayan tidak kesusahan berjalan diantara meja-meja yang dapat mengganggu pelanggan yang lainnya.
3.    Sebaiknya antara meja pelanggan dengan kasir (cashier) tidak terlalu jauh atau susah untuk ditemukan.
DOOR





















dapur



1

4



wait-





kasir

ing

2

5



list





kantor



3

6

















toilet














D.   1. Dokumen (Document) : Merupakan sebuah catatan yangberarti dan dibutuhkan oleh suatu organisasi untuk mengetahui kondisi organisasi atau perusahaan guna mengambil keputusan selanjutnya.

2. Prosedur (Procedure) : Proses atau aturan main pada suatu organisasi yang berguna sebagai pengatur atau tata cara pelaksanaan kegiatan organisasi tersebut.

3. Kontrol (control) : Pengendalian oleh manajemen yang baik akan menghasilkan organisasi atau usaha yang baik pula.

4.    Data base : file-file yang penting dan menyangkut dengan kegiatan organisasi disimpan dalam suatu dokumen tertentu, sehingga dapat mempermudah manajer mengakses kembali bila dibutuhkan.

5.    Laporan (Reporting) : Pentingnya adanya laporan kegiatan dan laporan keuangan supaya manajemen dari perusahaan tersebut berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar