Jumat, 11 November 2011

Silabus SIM bab 1 -sistem informasi manajemen-


Dasar-dasar Sistem Informasi dalam Bisnis
Bag. I :
KONSEP-KONSEP DASAR SI  DALAM BISNIS
Mengapa mempelajari sistem informasi dan teknologi informasi
Hal ini sama dengan menanyakan alasan mengapa seseorang harus belajar akuntansi, keuangan, manajemen operasional, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, atau fungsi bisnis utama lainnya. Sistem informasi clan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis clan organisasi. Jadi, mereka membentuk bidang studi mendasar dalam administrasi clan manajemen bisnis. Inilah alasan mengapa mata kuliah bisnis harus memasukkan mata kuliah sistem informasi. Jika Anda mungkin berkeinginan untuk menjadi seorang manajer, pengusaha, atau praktisi bisnis, maka merupakan hal yang sama pentingnya untuk memiliki pemahaman dasar tentang sistem informasi dengan memahami area fungsional lainnya dalam bisnis. 

SISTEM INFORMASI :
Merupakan kombinasi teratur apa pun dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER :
1.      Teknologi hardware komputer, termasuk mikrokomputer, server berukuran menengah, dan sistem mainframe besar, serta alat-alat input, output, dan media penyimpanan yang mendukung.
2.      Teknologi software komputer, termasuk software sistem operasi, pencari Web (browser), alat pembuat software, dan software untuk aplikasi bisnis seperti untuk manajemen hubungan pelanggan dan manajemen rantai pasokan (supply chain management).
3.      Teknologi jaringan telekomunikasi, termasuk media telekomunikasi, prosesor, dan software yang dibutuhkan untuk menyediakan akses kabel dan nirkabel, serta dukungan untuk jaringan Internet dan jaringan pribadi berbasis Internet, seperti intranet dan ekstranet.
4.      Teknologi manajemen sumber daya data, termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses, dan memelihara database organisasi.



KERANGKA KERJA SI UNTUK PRAKTISI BISNIS

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah1_files/image002.jpg
Tiga peran utama dari aplikasi bisnis dalam sistem informasi.
1.     Proses dan operasi bisnis,
2.     Pengambilan keputusan dalam bisnis
3.     Strategi untuk keunggulan kompetitif.
 http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah1_files/image004.jpg
E-Business dalam Bisnis
Internet dan teknologi serta aplikasi terkait lainnya telah mengubah cara bisnis dijalankan dan cara orang bekerja, serta bagaimana sistem informasi mendukung proses pengam,bilan keputusan bisnis, dan dalam pembentukan keunggulan kompetitif. Banyak bisnis saat ini menggunakan teknologi Internet untuk proses bisnis yang dimungkinkan melalui Web serta menciptakan aplikasi e-business yang inovatif. E-business adalah bisnis yang menggunakan teknologi Internet hingga ke pekerjaan yang berkaitan dengan Internet dan pemberdayaan proses bisnis, e­commerce, dan kerja sama usaha dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, serta pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder) lainnya. Internet dan jaringan yang seperti Internet bisnis-di dalam perusahaan (intranet) , dan antara perusahaan dengan mitra dagangnya (ekstranet).

Peran E-Business dalam Bisnis adalah :
1.      Merekayasa ulang proses bisnis internal.
2.      Mengimplementasikan sistem e-commerce dengan para pelanggan dan pemasok mereka.
3.      Meningkatkan kerja sama perusahaan antaranggota tim bisnis dan kelompok kerja.
E-commerce adalah :
Pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk, jasa, dan informasi atas berbagai jenis jaringan komputer.

Banyak bisnis saat ini menggunakan Internet, intranet, ekstranet, dan jaringan lainnya untuk mendukung setiap langkah proses komersial. Hal ini dapat meliputi segala sesuatu dari periklanan, penjualan, dan pemberian dukungan untuk pelanggan melalui World Wide Web.








Tren dalam Sistem Informasi :
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah1_files/image006.jpg
Jenis-jenis Sistem Informasi

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah1_files/image008.jpg

KONSEP-KONSEP DASAR SI  DALAM BISNIS
Bag. II :
Sistem Pendukung Keputusan.
Sistem pemrosesan transaksi adalah contoh penting dari sistem pendukung operasi yang mencatat serta memproses data yang dihasilkan dari transaksi bisnis.
Proses transaksi dilakukan dengan dua cara dasar.
Pemrosesan batch, data transaksi dikumpulkan selama suatu periode waktu dan diproses secara periodik.
Pemrosesan real-time (atau online), data diproses segera setelah suatu transaksi terjadi. Contohnya, sistem titik penjualan (point-of-sale-POS) di banyak toko ritel menggunakan terminal mesin kas untuk secara elektronik menangkap serta memindahkan data penjualan sepanjang saluran telekomunikasi ke pusat komputer
regional agar dapat diproses segera (real-time) atau diproses setiap malam (batch).
Tantangan Manajerial Teknologi Informasi
Keberhasilan dan Kegagalan dengan TI harus diukur dari efektifitas teknologi informasi dalam mendukung strategi bisnis organisasi.

undefined




Mengembangkan Solusi SI
Ada beberapa tahap seperti pada gambar berikut :
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah2_files/image004.jpg


Tantangan Etika dan TI

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah2_files/image006.jpg
Tantangan dalam Karier TI

Mempelajari lebih banyak tentang teknologi informasi dapat membantu memutuskan apakah   ingin mengejar karier yang berkaitan dengan TI atau tidak. Peluang mendapatkan pekerjaan dalam bidang sistem informasi sangat bagus, karena berbagai organisasi terus memperluas penggunaan teknologi informasi mereka. Akan tetapi, hal ini mengandung tantangan manajemen sumber daya bagi banyak perusahaan, karena sering kali terjadi kekurangan personel sistem informasi yang berkualifikasi dalam berbagai kategori pekerjaan. Selain itu, persyaratan pekerjaan dalam sistem informasi terus berubah karena adanya perkembangan yang dinamis dalam teknologi informasi dan dunia bisnis.

Fungsi SI mewakili :
•         Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis, adalah fungsi akuntansi, keuangan, manajemen operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.
•         Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan.
•         Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer dan praktisi bisnis.
•         Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif, yang memberikan organisasi kelebihan strategis dalam pasar global.
•         Peluang berkarir yang menantang.
•         Komponen penting sumber daya, infrastruktur dan jaringan.
Konsep Sistem: Sebuah Landasan
Terdiri dari :
Teknologi. Jaringan komputer adalah sistem dari berbagai komponen pemrosesan informasi yang menggunakan berbagai jenis hardware, software, manajemen data, dan teknologi jaringan telekomunikasi.
Aplikasi. Aplikasi bisnis dan perdagangan elektronik melibatkan sistem informasi bisnis yang saling berhubungan satu sama lain.
Pengembangan. Mengembangkan berbagai cara untuk menggunakan teknologi informasi dalam bisnis meliputi pendesainan komponen-komponen dasar sistem informasi.
Manajemen. Mengelola teknologi informasi memiliki penekanan pada kualitas, nilai bisnis yang strategis, dan keamanan sistem informasi organisasi.
SISTEM Adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur
Input
Proses
Output
Umpan  Balik
Pengendalian


http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah2_files/image007.gif










Komponen ­komponen Sistem Informasi
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah2_files/image009.jpg
Sumber Daya Sistem Informasi
Terdiri dari lima sumber daya dasar:
Manusia, Hardware, software, data dan Jaringan.



Aktifitas Sistem Informasi: 
Input Sumber Daya Data
Pemrosesan Data menjadi Informasi
Output Produk Informasi
Penyimpanan Sumber Daya Data
Pengendalian Kinerja Sistem

BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI
BAB 3
DASAR-DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS
TI Strategis :
Teknologi menjadi penggerak dan penyebab sebenarnya dari suatu bisnis, dan bukanlah  dipikirkan hanya sebagai penunjang operasi lain dalam bisnis tersebut.
Pertama
Bisnis yang sebenarnya dan nilai kompetitif dari teknologi informasi terletak pada kemampuan software serta nilai informasi yang didapat dan digunakan oleh bisnis tersebut,bukan pada infrastruktur dari hardware, jaringan, dan fasilitas TI lainnya yang biasa digunakan oleh perusahaan
Kedua
Keunggulan strategis informasi hanya dapat diperoleh melalui penggunaan dan manajemen yang tepat.

KONSEP-KONSEP STRATEGI KOMPETITIF
Lima Ancaman dalam bisnis :
Persaingan dari para pesaing,
Ancaman pemain baru dalam industrinya
Ancaman yang dihadapi
Daya tawar pelanggan
Daya tawar pemasok.
Peran utama sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan dukungan yang efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh keunggulan kompetitif

Lima strategi kompetitif dasar :
Strategi Kepemimpinan dalam Biaya. Berbiaya rendah dalam industri. Dapat menemukan berbagai cara untuk membantu para pemasok atau pelanggan mengurangi biaya mereka atau meningkatkan biaya para pesaingnya.
Strategi Diferensiasi. Melakukan diferensiasi produk dan jasa perusahaan dari para pesaingnya atau mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaingnya.
Strategi Inovasi. Menemukan berbagai cara baru untuk melakukan bisnis. Biasanya produknya unik.
Strategi Pertumbuhan. Memperluas kemampuan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa, memperluas pasar global, melakukan diversivikasi produk dan jasa baru atau berintegrasi ke dalam produk dan jasa yang berhubungan.
Strategi Persekutuan. Membuat hubungan dan persekutuan bisnis baru dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, konsultan dan perusahaan lainnya. Dapat berupa merger, akusisi, joint venture dan membentuk "perusahaan Virtual".
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah3_files/image002.jpg

STRATEGI KOMPETITIF LAINNYA
(locking-in customers and suppliers), (switching cost), (barriers to entry)
RANTAI NILAI DAN SI STRATEGIS
Konsep rantai nilai di kembangkan oleh Michael Porter. Konsep ini melihat perusahaan sebagai rangkaian, rantai, atau jaringan berbagai aktivitas dasar yang menambah nilai produk dan jasanya, serta selanjutnya menambah margin nilai perusahaan tersebut. Di dalam kerangka kerja konseptual rantai nilai, beberapa aktivitas bisnis adalah proses-proses utama; lainnya adalah proses pendukung
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah3_files/image004.jpg
Membangun Bisnis Yang Berfokus Pada Pelanggan
Nilai Utama untuk menjadikan bisnis yang berfokus pada pelanggan terletak pada
1. Kemampuan untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal
2. Mengantasipasi kebutuhan di masa mendatang
3. Merespons kekhwatiran pelanggan
4. menyediakan layanan pelanggan berkualitas tinggi

Para pelanggan mengunakan internet untuk
1. Mengajukan pertanyaan
2. Menyampaikan keluhan
3. mengevaluasi produk
4. Meminta dukungan
5. membuat dan melaporkan pembelian mereka

PEREKAYASAAN ULANG PROSES BISNIS
Salah satu dari implementasi paling penting dari strategi kompetitik adalah perekayasaan ulang proses bisnis ( business process reengineering - BPR ), seringkali disebut dengan perekayasaan ulang. Perekayasaan ulang adalah pemikir kembali yang mendasar dan pendisaian ulang yang radikal atas proses bisnis untuk mencapai perbaikan yang dramatic dalam biaya, kualitas, kecepatan, dan layanan.jadi, BPR menggabungkan strategi untuk mempromosikan inovasi bisnis dengan stategi untuk melakukan perbaikan besar atas proses bisnis agar perusahaan menjadi jauh lebih kuat serta menjadi pesaing yang lebih berhasil dalam pasar.

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi memainkan peranan penting dalam perekayasaan ulang sebagian besar proses bisnis.kecepatan,kemampuan pemprosesan informasi dan konektifitas komputer serta teknologi internet dapat secara mendasar meningkatkan efisiensi proses bisnis,seperti juga meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar orang-orang yang bertanggung jawab atas operasi dan manajemennya.

PROSES MANAJEMEN PESANAN TERDIRI DARI BISNIS DAN MELINTASI BATASAN FUNGSI TRADISIONAL BISNIS
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah3_files/image006.jpg
Ada empat strategi dasar untuk menjadi perusahaan yang lincah :

Pelanggan dari perusahaan yang lincah menganggap produk atau jasa sebagai solusi terhadap masalah individual mereka. Jadi, harga produk dapat ditentukan berdasarkan nilainya sebagai solusi, bukan berdasarkan biaya produksinya.
Perusahaan yang lincah bekerja sama dengan pelanggan, pemasok, dan perusahaan lain, bahkan dengan pesaing. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk dengan cepat dan hemat, dimanapun sumber daya berada dan siapa pun yang memilikinya.
Perusahaan yang lincah dapat bertahan ketika terjadi perubahan dan ketidakpastian. Perusahaan manggunakan struktur organisasi yang fleksibel sehingga sesuai dengan peluang pelanggan yang terus berubah dan berbeda-beda. Akhirnya, perusahaan yang lincah dapat meningkatkan dampak sumber daya manusia dan pengetahuan yang mereka miliki. Dengan memelihara semangat wirausaha, perusahaan yang lincah dapat
Memberikan insentif yang tinggi bagi tanggung jawab, kemampuan beradaptasi, dan inovasi pegawai.
Membuat Perusahaan Virtual
Dalam lingkungan bisnis global yang dinamis saat ini, pementukan perusahaan virtual dapat menjadi salah satu penggunaan strategis terpenting dari teknologi informasi.
Perusahaan virtual adalah organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan banyak orang, organisasi, aktiva dan ide.
Perusahaan virtual biasanya membentuk aliansi dan kelompok kerja virtual dengan mitra bisnis yang saling berhubungan melalui internet, intranet dan ekstarnet. Perusahaan tersebut juga mengembangkan aliansi dan hubungan ekstranet yang membentuk system informasi antar perusahaan dengan pemasok, pelanggan, subkontraktor dan pesaing.
Strategi Perusahaan-perusahaan Virtual
Saling berbagi infrastruktur dan risiko mitra aliansi
Menghubungkan kompentensi inti yang saling melengkapi
Mengurangi waktu konsep-ke-kas (concept- to- cash time) melalui saling berbagi
Meningkatkan fasilitas dan cakupan pasar.
Mendapatkan akses ke pasar yang baru dan saling berbagi pasar atau loyalitas pelanggan.
Bermigrasi dari menjual produk ke menjual solusi.
MEMBANGUN PERUSAHAAN YANG DAPAT MENGHASILKAN PENGETAHUAN .
Pengetahuan adalah satu-satunya sumber pasti dari keunggulan kompetitif yang bertahan lama. Keunggulan tersebut hanya dapat dimiliki perusahaan apabila mereka menjadi perusahaan yang dapat menghasilkan pengetahuan atau organisasi yang belajar.
Dua jenis pengetahuan yang digunakan oleh perusahaan yang dapat menghasilkan pengetahuan adalah,
Pengetahuan eksplisit, yaitu data, dokumen, segala sesuatu yang tertulis atau disimpan didalam komputer.
Pengetahuan implisit, yaitu pengetahuan "bagaimana cara melakukan sesuatu" yang ada didalam diri para pekerja.
KOMPUTER HARDWARE
BAG. 1 :
SISTEM KOMPUTER : PEMAKAI AKHIR DAN KOMPUTASI PERUSAHAAN
Semua komputer adalah merupakan suatu sistem yang terdiri dari Input, Proses ,Output ,Penyimpanan dan Pengendalian.
Sistem Mikrokomputer
            Computer pribadi, computer jaringan, tempat kerja teknis.
Sistem Skala Menengah
            Server jaringan, mikrokomputer, web server, system multipemakai.
Sistem Mainframe
            Sistem perusahaan, superserver, prosesor transaksi, supercomputer.
undefined
Konsep Sistem Komputer
Komputer adalah sistem, kombinasi komponen yang saling berhubungan yang melakukan fungsi sistem dasar, seperti input, pemrosesan, output, penyimpanan dan pengendalian. Jadi komputer merupakan alat pemrosesan informasi bagi pemakai terakhir. Pemahaman komputer sebagai sistem komputer penting untuk mencapai penggunaan dan manajemen komputer secara efektif.
Komputer adalah sistem dari alat-alat hardware yang diatur berdasarkan fungsi sistem berikut ini :
 http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image004.jpg
BAG. 2 :
PERIFERAL KOMPUTER: TEKNOLOGI INPUT, OUTPUT, DAN PENYIMPA NAN
PERIFERAL
Peripheral adalah nama umum yang diberikan untuk semua peralatan input, output, dan penyimpanan sekunder yang merupakan bagian dari sebuah system computer, tetapi bukan merupakan bagian dari CPU.
Jenis-jenis Periferal :
Monitor, Printer, Pemindai, Driver hard disk, Driver CD dan DVD, Sistem backup.

TEKNOLOGI INPUT
       TEKNOLOGI BERBASIS PENA
       SISTEM PENGENAL SUARA
       PEMINDAI OPTIKAL (Bar Code)
       TEKNOLOGI INPUT YANG LAIN

TEKNOLOGI OUTPUT
       OUTPUT VIDEO
       OUTPUT TERCETAK
       PEMINDAI OPTIKAL (Bar Code)
     TEKNOLOGI INPUT YANG LAIN
KEBAIKAN DAN KELEMAHAN  PENYIMPANAN

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image006.jpg

DASAR-DASAR PENYIMPANAN KOMPUTER
BIT -> Byte (Character) -> KiloByte (KB) -> Mega Byte (MB) -> Giga Byte (GB)

AKSES LANGSUNG (DIRECT) DAN BERURUTAN (SEQUENTIAL).

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image008.jpg
Dua memori semikonduktor dasar : random access memori ( RAM ) dan read only memori (ROM) / EPROM  Tempat dari FIRMWARE.

Disk Magnetis : Hard disk, floppy
Disk Optikal    : CD, DVD
SOFTWARE KOMPUTER
BAG. 1 :
SOFTWARE APLIKASI : APLIKASI UNTUK PEMAKAI AKHIR
Software komputer merupakan suatu bagian dari Teknologi Informasi, dan penggunaannya berhubungan dengan sistem pengoperasian komputer, aplikasi, dll.
JENIS-JENIS SOFTWARE

http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image010.jpg

SOFTWARE APLIKASI UNTUK PEMAKAI AKHIR
Dibagi dalam 2 bagian besar yaitu :

Program Aplikasi Umum
Yang melakukan pekerjaan pemrosesan informasi umum untuk pemakai akhir, contohnya : Word prosessing (Misal : MSWORD) atau spreadsheet (Misal : EXELL).            Contoh lainnya ,misalnya : Alat penjelajah Web atau software untuk e-mail, dll.
Program Aplikasi Khusus
Software aplikasi bisnis merupakan berbagai macam software khusus yang mendukung User dalam bisnis atau bidang lainnya.
Contoh beberapa software untuk bisnis antara lain, Oracle Business Suite dan SAP

SOFTWARE SUITE dan PAKET TERINTEGRASI
Beberapa vendor Software terkemuka biasanya mengeluarkan beberapa paket software Suite dan paket terintegrasi dengan sistem operasinya.
Contoh software suite adalah Microsoft office, Star office, Open office.

ELECTRONIC MAIL dan PESAN INSTAN
WORD PROCESSING dan PUBLIKASI DESKTOP
SPREADSHEET ELEKTRONIK
GRAFIK PRESENTASI

GROUPWARE
Groupware adalah software kerjasama.yaitu software yang membantu kelompok kerja tim dan tim bekerja sama mengerjakan tugas kelompok.
Contoh softwarenya:
Lotus Notes, Novell Groupwise.

ALTERNATIF-ALTERNATIF SOFTWARE
software open source yang Gratis atau berbiaya rendah 

BAG. 2 :
SOFTWARE SISTEM : MANAJEMEN SISTEM KOMPUTER
Software system terdiri dari berbagai program pengelola dan pendukung operasional computer serta aktifitas pemrosesan informasinya.       Sistem Operasi berfungsi sebagai interface  software antara jaringan computer dengan hardware dan ke program aplikasi pemakai akhir.
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image012.jpg

Sistem Operasi
Tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk memaksimalkan produktivitas sistem komputer dengan mengoperasikannya dalam cara yang paling efisien. Sistem operasi meminimalkan jumlah campur tangan manusia yang dibutuhkan selama pemrosesan.
Beberapa contoh Sistem operasi adalah :
MS WINDOWS, ,MS DOS, UNIX, LINUX, Mac OS X.
http://www.trisakti.comyr.com/simfile/simkuliah4_files/image014.jpg




BAHASA PEMROGRAM
Generasi 1 (Paling dekat mesin)
Bahasa Mesin:
Generasi 2 (hanya ahli yang bias)
Bahasa Perakitan:
Generasi 3 (Lebih mudah oleh programmer biasa)
Bahasa Tingkat Tinggi: Menggunakan pernyataan singkat atatt berbagai notasi aritmetika
Generasi 4 (Program cukup mudah)
Bahasa Generasi Keempat: Menggunakan pernyataan natural dan non prosedural
Generasi 5 (Program mudah dipelajari)
Bahasa yang berorientasi pada objek / Object Oriented Programming (OOP) :
Bahasa dan Layanan Web
HTML, XML, dan Java , PHP dll

Software Pemrograman
Ada bermacam–macam bahasa yang jumlahnya ratusan dan untuk kebutuhan yang bermacam – macam. Misal :
Assembler
Basic
Cobol
RPG
C++
HTML
JAVA
PHP

Program Penerjemah Bahasa
Menterjemahkan bahasa yang mudah dipahami manusia ke bahasa Mesin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar